JIKA ANDA PRIHATIN DAN GUNDAH DENGAN CORONAVIRUS DISEASE-19 (COVID-19)

Dunia sedang berduka.
Ya, dunia berduka karena ulah si mungil berukuran diameter sekitar 120 nanometer dengan ukuran materi genetik RNA sebesar 30.000 bp (basepairs).

Sebagai manusia yang berlatar belakang agama Islam, kami punya cara tersendiri untuk menenangkan hati yang gundah gulana akibat SARS-CoV-2.

Rasulullah ﷺ bersabda :

( ما يُصيبُ المُسلِمَ، مِن نَصَبٍ ولا وَصَبٍ، ولا هَمٍّ ولا حُزْنٍ ولا أذًى ولا غَمٍّ، حتى الشَّوْكَةِ يُشاكُها، إلا كَفَّرَ اللهُ بِها مِن خَطاياهُ ) 



"Tidaklah seorang Muslim di timpa kelelahan, penyakit, keprihatinan, kesedihan, gangguan dan kegundahan, hingga duri yang menusuknya, kecuali dengan itu Allah akan menghapuskan kesalahan-kesalahannya".

 ( صحيح البخاري/ ٥٦٤١ )



Ya betul, kita teringat satu hal, Tuhan, Allah SWT tidak akan memberikan ujian yang melebihi batas kemampuan makhluknya.

Berkata Al 'Allaamah Ibnu 'Utsaimin rahimahullaah :

 لا يصيب الإنسان من هم ولا غم ولا أذى إلا كفر الله عنه ، حتى الشوكة إذا أصابته وحصل فيها ألم ، فإنه يكفر به عنه من سيئاته ..

"Tidaklah seseorang di timpa keprihatinan, kegundahan dan gangguan kecuali hal itu akan menghapuskan kesalahan-kesalahannya, hingga duri apabila mengenainya dan ia merasakan sakit, maka hal itu akan menghapuskan kesalahan-kesalahannya".

وإذا صبر واحتسب الأجر من الله عز وجل كان له مع تكفير السيئات زيادة في حسناته على صبره ..

"Dan apabila ia sabar dan mengharap pahala dari Allah 'Azza wa Jalla, maka di samping kesalahan-kesalahannya di hapuskan ia juga akan mendapat tambahan pahala atas kesabarannya."


Harapan besar, kita selalu mentaati protokol yang dikeluarkan pemerintah, bersikap husnudzon atau berprasangka baik terhadap usaha-usaha pemerintah, dan saya yakin pemerintah di negara manapun senantiasa berpikir ekstra untuk menangani COVID-19 ini.


قال الله تعالى : { إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ } (الزمر : ١٠)

Allah Ta'ala berfirman : "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas" (Az Zumar: 10)

فالمصائب التي تصيب الإنسان تكفير ؛  ومع الصبر عليها واحتساب الأجر تكون مع التكفير زيادة في الحسنات .

"Musibah-musibah yang menimpa seseorang adalah penghapus kesalahan, dan jika di sertai dengan sabar dan mengharap pahala, maka musibah akan menjadi penghapus dosa dan tambahan dalam kebaikan-kebaikan".

( فتاوى نور على الدرب / الشريط رقم [١٦٠] )

Teks ini hasil terjemahan oleh Abu Sufyan Al Makassary.

Terima kasih atas terjemahannya.


Purwokerto, 31 Mei 2020
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M bagi masyarakat muslim di seluruh dunia.

Komentar