Waspada Penipuan Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo adalah salah satu provider telekomunikasi selular yang ada di Indonesia, yang telah berdiri sejak 1967 (baca sejarah Indosat Ooredoo). Sebagai provider telekomunikasi selular yang memiliki banyak pelanggan di Indonesia, serta telah merambah ke era 4G LTE 900 Mhz di Indonesia, tak henti-hentinya disalahgunakan oleh oknum tak berwenang yang mengatasnamakan Indosat Ooredoo (dahulu PT Indosat Tbk.), kali ini oknum yang berusaha "menipu" saya melalui SMS bisa dikatakan mereka "Amateur" di bidang IT. Simak beberapa ulasan berikut, kejadian ini resmi saya alami, pada Rabu, 29 Juni 2016 pukul 10 siang. Tulisan ini ditulis langsung oleh author, dan telah dikonfirmasi oleh pihak resmi Galeri Indosat Ooredoo di kota penulis, serta telah diteliti lebih lanjut kejanggalan-kejanggalan yang "bodoh" yang dilakukan oknum penipu, bagi sebuah perusahaan profesional hal ini bisa dikatakan tidak valid.

1. Pesan SMS bertuliskan "Indosat" dan isinya-pun meyakinkan sekali, dari nomor telepon berdomisili DKI Jakarta, situs website menggunakan "[dot]com" bukan gratisan lagi, tetapi hal-hal berikut benar-benar bisa menyanggah bahwa si pengirim adalah oknum penipu yang mengatasnamakan Indosat Ooredoo.
- Pengirim fake/palsu mengatasnamakan "Indosat" sedangkan pengirim asli/resmi ialah "INDOSAT"
- Kalimat SMS sedikit mencurigakan, kata-kata "Selamat" seharusnya tidak menggunakan tanda baca seru "!" hingga 3x, hal ini jelas seperti pesan chat/obrolan seseorang yang bersifat pribadi, serta setelah kalimat "Selamat" tidak ada spasi, tetapi pesan ini terdapat satu spasi.
Lalu, kata "SIMcard anda M-dpatkan" benar-benar FAIL untuk sekelas informasi pengumuman, dalam EYD sangat sekali ditentang. Pengejaan yang buruk.
- Pengirim fake/palsu bernomor: 4636728 (lihat gambar berikutnya). Penulis hanya men-dial pada kotak tulisan pesan pengirim dan hasilnya muncul nomor 4636728 di kotak dial pada telepon.
- Mengapa kita disuruh menghubungi 2 nomor tersebut? Kalau memang benar mengapa tidak ada kalimat kalau "menghubungi Galeri Indosat Ooredoo terdekat di wilayah Anda"? Mengapa nomor kedua ialah nomor ponsel? Ini sering sekali berkedok penipuan. Kali ini oknum tersebut lumayan 'berkelas' dengan mengubah nomor pengirim menjadi nama "Indosat" dan situs website berdomain [dot]com, wow rela menghabiskan uang untuk domain berbayar!
- Kata "tripple" ini artinya apa? Tripple tidak ada dalam Kamus Bahasa Inggris/Google Translate sekalipun, tapi kalau "triple" artinya tiga kali lipat/rangkap tiga? Loh kok 3 kali lipat? Lihat angkanya, hanya 6 angka bukan 3x3 = 9 yang katanya 3 kali lipat! Matematika buruk, TOEFL rendah!
2. Cek situs http://www.kejutanim3.com/ banyak kejanggalan.
- Title bar, "Indosat ooredoo" dalam situs resmi nya title bar, "Indosat Ooredoo". Beda huruf beda makna.
- Alamat website memiliki keamanan yang standar, tidak menggunakan enkripsi secure (https), dalam hal ini oknum hanya mengeluarkan biaya domain website saja, karena untuk membeli enkripsi secure tidak semurah membeli domain komersial (com).
- Tampilan website PELIT, bayangkan saja sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia menampilkan suatu informasi kepada Netizen dengan skala kecil kurang dari 700 pixel, FATAL, cek pada URL masing-masing page/halaman, semua page/halaman ber-URL www.kejutanim3.com, loh mau klik "Search" kok kembali ke awal?
- Tampilan animasi "HATI HATI Penipuan bentuk apapun mengatasnamakan Indosat ooredoo cek kebenarannya di..." lagi-lagi "ooredoo", bung "o" nya kapital! Lihat flash tersebut gratis berasal dari penyedia www.flashvortex.com sehingga tidak otomatis ter-Play, harus di klik pada bagian Play terlebih dahulu.
- Semua konten di website tersebut memang mirip dengan website resmi www.indosatooredoo.com, gambar, dsb persis, tetapi dalam website www.kejutanim3.com skala gambar diperkecil dan terlihat pecah dpi nya, ini jelas hasil dari meng-capture/screenshot dari website resmi www.indosatooredoo.com.
- Untuk lebih jelas, silahkan klik bagian "Produk Indosat" disana tertera promo-promo Indosat yang sangat kadaluarsa, bahkan masih menjadi nama "Indosat" kala itu.
bandingkan dengan tampilan website resmi Indosat Ooredoo.
Nah bukti-bukti digital diatas sudah cukup membuktikan bahwa SMS berhadiah itu benar-benar FAKE/PALSU/PENIPUAN. Oknum tidak bertanggung jawab mengatasnamakan Indosat Ooredoo untuk melaksanakan aksinya menipu pengguna nomor Indosat Ooredoo. Penulis sendiri telah memvalidasi dengan datang langsung ke Galeri Resmi Indosat Ooredoo di kota penulis, dan pernyataan resmi dari pihak resmi, pesan itu adalah "PALSU".
Mungkin setelah penulis mempublikasi post ini, website tersebut sudah ditutup, cybercrame tidak semudah itu, bisa saja 'mereka' menggunakan trik lain, karena tidak ada habisnya menipu di era-digitalisasi ini. Dahulu sering mendapat SMS Penipuan dengan situs website yang gratis, nomor telepon yang menggunakan nomor ponsel, bahkan ketika dihubungi mereka terdengan 2-3 orang di belakang penerima telepon dan sesekali terdengar suara tertawa ataupun seperti berbicara kepada si penerima untuk mengatakannya kepada penelepon.
Berhati-hatilah dalam menerima pesan SMS undian berhadiah, pastikan kebenarannya, kalau memang mengancam, dsb (dengan menghubungi) silahkan laporkan kepada pihak yang berwajib, perlu diingat saat ini Kepolisian Republik Indonesia sudah ada bidang untuk cybercrame sendiri, dan mereka orang-orang yang sangat ahli di bidang IT, so sekali lagi BERHATI-HATILAH MENERIMA SMS UNDIAN BERHADIAH, CEK KEBENARANNYA! JANGAN SIA-SIAKAN UANG ANDA UNTUK MEREKA.

-RRA-



Komentar